Cara Membaca Not Angka


Cara Membaca Not Angka. Tentu saja bagi para penggemar musik hal ini sudah tidak perlu dipelajari lagi, karena tentunya sudah mahir. Namun bagi pemula wajib mengetahui bagaimana sih cara membaca not angka. Nah melalui artikel ini anda akan mengetahi bagaimana cara mempelajari not angka. Silahkan simak baik baik ya

Not Balok

Not balok adalah notasi-notasi yang disimbolkan dengan simbol bulat-bulat. Bentuknya ada yang menggunakan tangkai ada yang tidak, tergantung dari nilai ketukannya. Not balok ini diletakkan di garis paranada. Garis paranada adalah 5 garis sejajar dan memiliki spasi untuk tempat meletakkan not balok dan menunjukkan durasi dan ketinggian nada. Tinggi nada digambarkan secara vertikal, sedangkan waktu/ritme digambarkan secara horisontal. Berikut ini adalah gambar garis paranada.

Rangkaian tinggi rendahnya disimbolkan dengan urutan huruf: C, D, E, F, G, A, B, C. Kemudian, untuk menentukan tinggi dan rendahnya nada, not balok mempunyai 2 tanda kunci, yaitu Treble Clef (nada tinggi) dan Bass Clef (nada rendah). Di dalam alat musik piano, penggunaan tanda kunci ini biasanya untuk membedakan nada mana yang dimainkan di tangan kiri dan di tangan kanan, juga tingkatan nadanya.

Di setiap not balok terdapat nilai ketukan dari setiap simbolnya dan tanda istirahat. Jika not balok adalah nada yang dibunyikan, tanda istirahat berarti nada yang tidak dibunyikan. Berikut ini penjelasan dengan menggunakan gambar.

Not Angka

Sesuai namanya, not angka adalah not yang ditulis dengan angka-angka. Rangkaian tinggi rendahnya disimbolkan dengan urutan angka 1 hingga 7, dengan penamaan masing-masing.

Selain itu, cara mengetahui tinggi rendahnya not tersebut dapat dilihat dari penggunaan titik (.). Jika titik tersebut diletakkan dibawah angka, berarti oktaf lebih rendah, sedangkan jika titik berada di atas angka, maka oktaf nya lebih tinggi.

Nilai Ketukan dan Tanda Istirahat Not Angka
Sama dengan not balok, di dalam not angka juga terdapat ketukan dan tanda istirahat. Not angka adalah nada yang dibunyikan, tanda istirahat berarti nada yang tidak dibunyikan.

Nilai Ketukan
Di dalam nilai ketukan, tanda titik (.) juga digunakan sebagai tanda satu ketuk pada not yang mempunyai nilai ketukan 2 dan 3. Sedangkan. untuk not angka dengan nilai ketukan ½ dan ¼, not angka menggunakan garis horisontal.

Tanda Istirahat
Di dalam not angka, tanda istirahat disimbolkan dengan angka 0. Berarti jika ada angka 0 (nol), nada tetap dihitung namun tidak dibunyikan.

Kamu bisa menggunakan not angka dan not balok ini untuk bermain musik seperti piano, biola, gitar, dan suling. Pada dasarnya, untuk ahli membaca notasi nada, terutama not balok membutuhkan latihan agar terbiasa. Selain itu, penting untuk kamu memperhatikan nilai ketukan dan tanda istirahat yang terdapat di lagu. Selamat bermusik ya!