10 Tips Bermain Piano


10 Tips Bermain Piano. Piano bukanlah instrumen yang mudah atau sulit; Anda hanya perlu terbiasa dengan akord dan teknis bermain dasar. Dengan latihan yang konsisten, kesabaran dan dukungan dari teman sebaya dan mentor, orang dapat dengan mudah belajar cara bermain. Dibahas di bawah ini adalah 10 tips dan trik untuk pemula piano:

Pelatihan telinga

Pelatihan telinga atau mendengarkan pianis profesional lain di tempat kerja adalah cara terbaik untuk meningkatkan teknik Anda. Bermain dengan telinga juga membantu Anda berimprovisasi dan karenanya merupakan teknik yang sangat baik bagi musisi pemula untuk belajar dari para master yang terinspirasi oleh gaya dan gerakan tangan mereka.

Pendekatan yang fleksibel

Kebanyakan pianis amatir memberikan terlalu banyak tekanan saat berlatih ini menghasilkan suara yang tidak menyenangkan dan juga dapat menyebabkan kram. Jangan menekan tombol, biarkan tangan Anda meluncur dengan lembut, lancar. Tangan yang rileks lebih fleksibel dan mudah dikendalikan, yaitu Anda dapat menjangkau tombol yang jauh lebih cepat.

Pertahankan ritme yang tepat

Irama dan tempo adalah elemen dasar dari setiap karya musik, Anda tidak dapat mengacaukannya. Latih ritme lagu meskipun Anda tidak yakin dengan akor dan nada yang terlibat. Mempertahankan ritme yang stabil juga dapat menutupi beberapa kesalahan dan kesalahan.

Gerakan jari, posisi tangan

Itu selalu lebih baik untuk mulai bermain dengan tangan kanan terlebih dahulu dan kemudian pindah ke yang lain. Gerakan tangan yang terpisah lebih mudah untuk dipahami, Anda dapat secara bertahap beralih menggunakan kedua tangan. Kebanyakan guru menggunakan teknik konvensional praktik tangan terpisah. Setelah Anda menyempurnakan yang mencoba menggunakan kedua tangan, ini meningkatkan koordinasi dan meningkatkan efisiensi bermain.

Hafalkan musik Anda

Menghafal not dan struktur akor bukanlah pekerjaan yang mudah, tetapi tentu saja dapat menyederhanakan permainan Anda. Bagilah karya musik menjadi beberapa bagian dan cobalah mempelajarinya, cobalah memainkan karya itu sebelum Anda pergi tidur. Ini membantu Anda mempertahankan musik dengan lebih baik karena itu akan menjadi hal terakhir dalam pikiran Anda sebelum Anda tidur.

Fokus pada akurasi dan bukan kecepatan

Bermain cepat adalah sesuatu yang datang dengan banyak latihan, untuk saat ini, berkonsentrasi pada memukul tombol yang tepat daripada memukulnya dengan cepat. Sebagai seorang amatir mencoba fokus pada efisiensi dan akurasi, kecepatan akan datang seiring waktu.

Mainkan bagian secara terpisah

Sebagai seorang pemula, sulit untuk mengikuti variasi dalam struktur chord dari sebuah karya musik, cobalah membagi musik menjadi bagian-bagian yang berbeda. Misalnya, berlatih not piano dimulai dengan not seperempat secara bertahap pindah ke kedelapan dan keenam belas. Saat Anda memainkan bagian, cobalah mempertahankan rasa kontinuitas dengan memasukkan catatan akhir dari bagian sebelumnya di bagian Anda saat ini.

Sight membaca teknik musik

Teknik membaca pemandangan adalah cara cerdas untuk memahami musik Anda dengan lebih baik. Amatir dapat mengembangkan keterampilan propriosepsi mereka, yaitu kesadaran tubuh di ruang angkasa. Kebanyakan musisi begitu tersesat dalam catatan sehingga mereka kehilangan pegangan pada kenyataan. Membaca dengan penglihatan membuat Anda tetap pada jalurnya; Anda dapat mengantisipasi catatan dan rencana yang akan datang sebelumnya.

Latihan yang konsisten

Dari kunci hingga nada, akor, dan teknik bermain semuanya membutuhkan latihan. Mulailah dengan beberapa pemanasan, memainkan kunci dan catatan sebelum memulai dengan bagian yang sebenarnya. Luangkan 15 menit pertama sesi latihan Anda pada dasar-dasar; ini meningkatkan daya penahan Anda.

Menemukan karya musik yang benar

Tutor musik Anda dapat membantu Anda memilih karya musik untuk dipraktikkan. Anda bahkan dapat menemukan potongan yang sesuai di Internet. Ada banyak situs web yang menyediakan e-book dan dokumen pdf. Buku yang menyenangkan bagi pemula untuk berlatih adalah Buku Palsu. Ini berisi melodi lagu-lagu populer dengan beberapa informasi tambahan tentang struktur akor yang membantu pianis yang muncul mereproduksi yang sama pada keyboard.

Beberapa trik sederhana yang harus diikuti oleh setiap pianis amatir:

  • Mulailah dengan tombol hitam.
  • Jangan pernah bermain terlalu cepat, pelan!
  • Latih timbangan dalam platform berwarna.
  • Mulai lambat dan secara bertahap meningkatkan kecepatan.
  • Jangan lupakan ibu jari Anda!
  • Garis bawah

Mulai dan akhiri sesi latihan dengan memainkan sesuatu yang Anda sukai, ini menambahkan elemen yang menyenangkan ke pelajaran musik juga! Jangan terlalu memaksakan diri, istirahat, membuat kesalahan, dan bersenang-senang!